AIR MATA TERAKHIR BUNDA

Label:


Cover buku





IDENTITAS BUKU


Judul                : Air Mata Terakhir Bunda
Penerbit             : Hi-Fest Publishing
Tahun terbit       : Maret 2012
Tempat Terbit : Cibubur-Jakarta Timur
Penulis : Kirana Kejora
Tebal : 13 cm X 19 cm ; 202 shalaman
Cetakan : ke 6
Harga : RP. 38.000
ISBN : 978-602-8814-14-0

 
 

              Kirana kejora. Penulis independent yang lahir di kota Ngawi JawaTimur 2 Februari 1972, umur 41 tahun. Ia mulai menulis sejak usia 9 tahun. Karya-karyanya berupa artikel, cerpen, dan puisi yang dimuat di berbagai media. Ia juga produktif dalam menulis novel dan Script film baik layar lebar maupun televisi, Kirana telah menulis 40-an script film Tv, 5 script film layar lebar. Karya terakhir nya adalah novel Air Mata Terakhir Bunda, Sebelum memutuskan untuk menjadi penulis ia adalah seorang peneliti Sosial Ekonomi Lulusan Cumlaud Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya (1991-1993). Kirana juga pernah menjadi pemakalah  dan pembicara pada seminar Wajah Keperangahan Muslimah Nusantara di Malaysia pada tahun 2009.




Sinopsis novel

Novel yang merupakan adaptasi dari kisah nyata ini menceritakan tentang kehidupan sebuah keluarga miskin yang hidup ditempat yang dikenal dengan nama ‘Tanah Lumpur’ Sidoarjo, di sebuah desa kecil Renokenongo. Novel ini juga menceritakan perjuangan seorang anak laki-laki yang yang ditinggal pergi ayahnya sejak ia berusia lima bulan dalam kandungan. Anakinibernama Delta, Delta Santoso adalah nama yang diberikan oleh Sriyani ibunya untuk anak keduanya yang berharap nama itu akan menjadi doa. Delta mempunyai kakak bernama Iqbal yang usianya tiga tahun lebih tua darinya, kakak Delta memang orang yang sangat iri terhadap adiknya itu. Ibunya Sriyani hanya seorang penjual lontong kupang, namun dia rela berkorban apapun demi menyekolahkan anak-anaknya. Kehidupan Deltadan Iqbal sejak kecil dibawah garis kemiskinan. Tetapi Delta adalah anak yang sangatpintar. Pada saat kuliah ia mendapat beasiswa. Ibunya meninggal saat Delta menjelang wisuda, tetapi doa ibu menghantarkannya sukses dalam pendidikannya, sekarang Delta sudah menjadi orang sukses dan menikah dengan wanita pilihannya yaitu Lauren.

Kelebihan dan kelemahan buku

Kelebihan dalam novel ini dapat membuat pembaca larut dalam cerita, turut merasakan menjadi Delta yang sebenarnya, meskipun alurnya maju mundur tetapi tetap mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Tetapi novel initetap masih ada kekurangannya karena Novel ini menceritakan seseorang yang berasal dari Jawa, jadi ada banyak percakapan menggunakan bahasa Jawa, tetapi glosarium bahasa Jawa tersebut ada dibelakang buku sehinggamenghambat dalam membacanya. Meskipun begitu menurut saya novel ini sangat dianjurkan untuk dibaca kalangan remaja karena dapat membangkitkan semangat dan juga Memberikan pesan untuk terus berbakti kepada orang tua.



Resensator : Adhinda TB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
blog jendela dunia © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter